23/08/11

Teacher's Duty

Awalnya aku mau cerita tentang guru sejarah di sekolahku--sebut aja lah guru ini Bu T. Nah, Bu T ini emang bukan tipe guru yang 'menyenangkan' alias tipe guru yang cukup 'killer' (meskipun ga se-killer guru B. Inggris). Sebenernya awalnya aku ga punya masalah sama Bu T ini. Tapi lama-lama aku jadi punya masalah sama Bu T.
Sebelum cerita tentang masalah aku, gimana kalau aku kasih pertanyaan dulu. "Sebenernya apa sih tugas guru?"
Aku rasa setiap orang bakal jawab, "Untuk ngajar," atau "Untuk membuat murid pintar," atau "Untuk mendidik,"
Masalahnya adalah gimana kalau ada guru yang sama sekali ga ngajar?
Ya, yang aku maksud tuh Bu T. Bu T ini hanya ngedikte modul (yang bahasanya sumpah belibet banget) tanpa ngejelasin sedikitpun. Dan tau-tau udah ulangan lagi. Jujur aja, waktu Bu T bilang "Minggu depan ulangan," aku bingung banget. Soalnya aku sih mikirnya, 'apa yang mau di-ulangan-in?' Tapi yasudlah, akhirnya aku belajar sedikit (meskipun sebenernya ga ngerti) dari catetan aku. Alhasil waktu ulangan aku cukup kesusahan.
Tapi ternyata yang ngerasa kesusahan bukan cuma aku aja, tapi temen-temen sekelas aku juga sama. Yah, tapi mau gimana lagi? Aku (dan temen-temen sekelas) emang ga terlalu ngerti materi yang DIDIKTE-in Bu T sih... Dan alhasil, SEMUA ANAK DI KELAS AKU DIREMEDIAL (anak kelas J juga ternyata sama). Bu T jelas marah sama kelas aku. Tapi ya mau gimana lagi? kalau emang ga ngerti ya susah lah... Nanya pun jawaban yang kita dapet malah tambah bikin ga ngerti. Jadinya ya bingung juga.
Akhirnya Bu T bilang kelas aku bakal diremedial nanti setelah Lebaran. Dan Bu T juga ngasih modul (TANPA NGEJELASIN SAMA SEKALI).

Menurut aku, kalau kaya gitu sih bukan cuma salah di muridnya yang ga belajar. Tapi juga salah di gurunya. Bayangin aja, dari 34 murid yang ada di kelas aku, ga ada satu pun yang berhasil dapet nilai di atas 75.
Selain itu, back to the pertanyaan yang sebelumnya, (Apa tugas guru?), aku ngerasa kayanya guru sejarah di kelas aku tuh bukan Bu T, tapi MODUL. Soalnya selama beberapa jam pelajaran sejarah di beberapa minggu, aku sama sekali ga ngerasa pernah ngedenger Bu T ngejelasin materi. Yang aku denger cuma Bu T yang ngedikte modul.

Kesimpulannya, menurut aku, (meskipun ini terkesan ga sopan) Bu T BUKAN guru--secara harfiah.
Ne, sekali lagi maaf kalau kesimpulan yang aku ambil terkesan ga sopan atau terlalu gimanaa gitu. Tapi aku cuma menyimpulkan apa yang ada di pikiran aku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar