28/12/12

Shizen

Post kali ini mau ngebahas tentang shizen(自然) alias lingkungan nih. Setelah kemarin akhirnya tes lisan susulan (temanya shizen) aku baru sadar kalo aku lupa nge-post tentang ini di blog. Padahal tadinya mau di-post setelah aku nge-post tentang film Indonesia.
Pokoknya intinya waktu aku lagi di angkot pas mau pergi ke BIP ada ibu-ibu gitu sama anaknya, anaknya masih agak kecil. Anaknya lagi minum teh botolan. Setelah berapa lama, isi botolnya habis terus anak itu ngasih botol itu ke ibunya sambil bilang, "Bu, ini abis." Si ibu ngambil botol itu. Karena mereka bawa tas sama beberapa kresek, aku pikir botol itu bakal dimasukin ke salah satu kresek atau tasnya. Eh taunya dengan entengnya si ibu ngebuang botol kosong tadi ke jendela yang ada di tepat di belakang kepalanya. Aku, yang duduk di depan si ibu, langsung kaget banget.
Masalahnya bukan cuma "buang sampah sembarangan" tapi juga secara ga sadar "ngajarin anak buang sampah sembarangan". Menurut aku itu dampaknya lebih besar dari pada cuma "buang sampah sembarangan". Soalnya kalau dengan ngeliat tingkat ibunya sendiri kaya gitu dan si anak jadi mencontoh ibunya, ga kebayang nanti kalau anak itu udah besar. Mungkin bisa kebiasaan itu bisa tetep diubah sama pihak-pihak kaya sekolah atau penyuluh dan lain-lain, tapi kan tetep aja pengaruh ibu tuh lebih besar. Takutnya kesadaran anak itu tentang lingkungan jadi berkurang karena itu.
Permasalahannya tuh di situ, orang dewasa (atau yang lebih berpendidikan) selalu mendiktekan ini-itu tentang perilaku-perilaku baik tapi hanya sebatas teori. Secara praktek banyak yang justru melakukan sebaliknya. Menurut aku itu sama sekali ga efektif. Maksudnya seberapa keras pun teorinya diajarin, dihafalin, dan dinilai, tetep aja hasilnya bakal nol besar kalau sama sekali ga dipraktekin. Sayangnya sistem pendidikan di Indonesia rata-rata gitu. Masih cuma mentingin teori alias nilai. Waduh, udah rada OOT nih, malah nyambung ke sistem pendidikan segala. Well, tapi ga apa-apa lah toh menurut aku masih ada sangkut -pautnya sama penyadaran diri tentang lingkungan.
Pasti pada tahu kan pelajaran PLH aka pendidikan lingkungan hidup? Jujur, sejak masuk SMA aku sama sekali ga ngerti inti dari pelajaran ini. Dulu sih waktu SMP aku pernah belajar bikin kompos pake keranjang takakura, belajar tentang jenis-jenis tanaman yang baik menyerap CO2 plus cara menanamnya, dan kegian-kegiatan lain yang seru. Tapi begitu masuk SMA, kayanya langsung jadi ga seru dan ga jelas. Menurut aku sih kalau pemerintah merasa pelajaran ini penting buat menumbuhkan kecintaan pelajar pada lingkungannya, lebih baik materinya dibikin lebih jelas. Misalkan apa yang wajib disampaikan sebagai materi pelajaran, yah kaya kurikulum di setiap mata pelajaran yang lain.
Tapi menurut aku yang lebih penting sih bangun juga kesadaran "orang dewasa" (terutama orang tua) dalam mencintai lingkungan. Alesannya udah aku sebutin di atas, aku rasa lebih mudah membangun generasi cinta lingkungan kalau orang tua secara otomatis ngasih tahu dan ngasih contoh yang baik buat anak-anak mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar