25/10/11

IPA or IPS?

SMA ya pasti ada pembagian jurusan; IPA atau IPS.
Personally, aku milihnya masuk IPS, karena aku emang ga gitu tertarik sama pelajaran di jurusan IPA. Tapi bukan itu yang pengen aku bahas kali ini.
Kali ini aku mau cerita soal "pendapat" guru-guru di sekolah aku tentang jurusan IPA sama IPS.

Menurut guru geografi aku: "Kalian yang masuk IPA tuh semuanya munafik! Cuma pengen gengsinya aja! Kalau anak bapak, dia masuk IPS terus masuk STAN dan sekarang punya kerjaan tetap. Kalau kalian yang masuk IPA tuh pasti masuk ITB, tapi ternyata nantinya kerjaannya ga jelas."
Jelas pendapat yang EPIC FAIL! Apa lagi guru aku itu ngomongnya pake kata-kata kasar juga

Menurut guru kimia aku (yang kebetulan merangkap jadi wali kelas juga): "Bapak doakan di kelas ini masuk IPA semua. Tapi yah, kalau ternyata ada yang masuk IPS, kalian harus belajar keras."
Pendapat EPIC FAIL yang lain... Jadi menurut bapak tuh anak-anak yang masuk IPS tuh pasti anak-anak yang bodohnya ga ketulungan, anak-anak yang tolol, dan anak-anak yang ga berprestasi?

Menurut guru sosiologi aku: "Kalian tidak boleh menyepelekan pelajaran IPS meskipun kalian ingin masuk IPA! SMA kita ini bagusnya di IPS. Dan ibu yakin mental-mental anak-anak SMA ini adalah mental-mental IPS."
Lagi-lagi pendapat EPIC FAIL... Jadi maksud ibu tuh ga ada murid yang boleh masuk IPA?

Dan masih ada beberapa pendapat lain yang kurang lebih isinya sama; MENJELEK-JELEKKAN SALAH SATU JURUSAN.

Jujur aja, aku capek dengernya. Guru IPS ngejelek-jelekin jurusan IPA dan sebaliknya. Aku bingung, sebenernya berapa sih umur mereka? Kok sikapnya kekanakan banget ya?
Bukannya aku bersikap ga sopan, tapi please deh... Soal jurusan kan emang harus sesuai sama potensi dan kemampuan anaknya sendiri. Kalau kemampuannya di IPA, ya jangan dimasukkin ke jurusan IPS (dan sebaliknya). Emang sih kebanyakan orang punya paradigma "Anak IPA tuh pinter dan pasti punya masa depan cerah." Tapi kan ga setiap anak atau orang tua murid punya paradigma kaya gitu... Ada juga kok anak-anak yang emang punya target masuk jurusan tertentu karena emang minat dan bakatnya di situ. Jadi ya ga usah ada acara ngejelek-jelekin jurusan lain dooong....

1 komentar:

  1. hahahaha lucu banget dah kisahnya,,,hmm...guru2 skolah yg aneh...padahal dulu waktu aku kelaz 3 sma,,emang sih aku masuk IPA tapi wali kelaz ak guru IPS,,wkakaka.

    BalasHapus