03/04/12

EXPO!

Senin tanggal 2 April kemarin, 5 ngadain expo pendidikan gitu. Setiap kelas harus bikin stand dengan tema yang sudah ditentuin sama panitia sebelumnya. Kelas aku, X-G, awalnya dapat tema sosial. Wali kelas aku si guru kimia langsung nyindir-nyindir gitu. Katanya "Masa expo tapi temanya sosial? Mau bikin apa?" "Yah ya sudahlah..." kita sih mikirnya hanya gitu.
Tiba-tiba ada pemberitahuan kalau temanya diubah jadi 'desain produk'. Oke, it's MUCH easier and specific dari pada sosial yang masih terlalu umum. Tapi yah, tetep aja si wali kelas aku itu masih agak protes--meskipun ga terlalu protes sih... Wali kelas aku itu nyaranin kita untuk bikin sebuah produk yang pembuatannya ada hubugannya sama kimia atau reaksi kimia. Cuma pikiran aku aja atau emang dasar guru kimia yang pengen eksis. Padahal di kelas nilai kimia kita tuh kecil-kecil dan bahkan si wali kelas aku tersayang tuh sering marah-marah gara-gara itu. Oke, ide tentang expo masih harus dipikirin.
Akhirnya setelah rundingan di rumah salah satu temen aku yang oh-so-keren-dan-apa-sih-yang-ga-ada-di-sana-?, akhirnya tim konseptor (yang salah satunya termasuk aku) setuju buat bikin tirai otomatis; ada dua jenis, yang bisa kebuka-ketutup sendiri pake sensor cahaya dan satu lagi bisa kebuka-ketutup pake saklar.
Guess what? Wali kelas tersayang bilang, "Terus? Cuma itu? Pasti garing."
WHAAAAAT?!!! Gila dasar! Pengen banget lah aku cincang! Bayangin aja, kita udah capek-capek mikirin soal itu dan hanya direspon kaya gitu? Please, hargai dikit dong...
Akhirnya dia cuma bilang ke ketua kelas buat milih salah satu percobaan dari bukunya yang bagus banget. Udah gitu kalau ada yang ga kita ngerti, tinggal tanya aja. Oke, akhirnya kita putusin buat milih 'kain anti-api'. Kedengerannya keren kan? Cara kerjanya sih aku ga gitu ngerti, tapi intinya kita bikin cairan gitu, dan kalau cairan itu diolesin ke kain, kain itu ga bakal terbakar walaupun kena api. Dan kita bilang soal itu ke wali kelas.
NYATANYA, kita sama sekali ga dibantu.

Fine, karena kita ga ngerti akhirnya kita cuma bikin tirai otomatis yang notabene bikinnya JAUH lebih sederhana dari pada kain anti-api. Dan tahu apa kata wali kelas aku waktu expo? Dia bilang "Kelas ini garing banget,"

It hurts--A LOT.

Emang sih aku harus akuin kalau dekoran stand X-G tuh emang payah banget--terlalu simple. Tapi toh aku yakin tim juri expo ngenilainya bukan berdasarkan dekoran kaya gimana yang kita bikin, tapi apa barang yang ditunjukkannya kan? Wali kelas sendiri--yang notabene "orang tua di sekolah" aja bilang "Ini garing," dengan mudah di depan muka kita, gimana kita ga down duluan coba? Tapi kalau aku sih justru jadi pengen nunjukkin kalau "kelas X-G yang  GARING" ini bisa menarik pengunjung.
Semakin siang, pengunjung semakin banyak. Hal yang bikin aku seneng banget tuh stand X-Garing bisa denger pengunjung bilang kalau tirai otomatis kita bagus dan menarik--ga cuma dari guru, tapi juga dari murid. Aku (yang akhirnya kebagian tugas buat ngejelasin produk ke pengunjung) ngerasa super seneng banget ngelihat banyak orang yang seneng waktu mencet saklar tirainya. Jujur aja waktu itu aku mikir biarpun ga menang, tapi aku udah bisa bilang "EXPOは楽しかったです!" dengan senyum.

Well, skip aja lah ya.

Intinya di akhir acara, kita semua dipanggil ke plaza buat ngedenger pengumuman pemenang stand kelas X dan XI. Ketua kelas aku sendiri bilang, "Ya udah, kalian aja. Aku mau beres-beres. Lagian pasti ga akan menang kan?" Duh, kok kaya jleb banget ya? Ya udah lah ya.. Akhirnya aku sama beberapa temen aku ke plaza.
Akhirnya Pak Yadi naik ke panggung dan ngumumin nominasi juaranya. Guess what? Pak Yadi nyebutin KELAS X-G!!! Refleks, aku langsung teriak "Wooooooo!" sambil tepuk tangan keras-keras. Rasanya masih ga percaya X-G bisa masuk nominasi a.k.a juara 3 besar! HA, eat that my beloved homeroom teacher! Dan jelas lah, aku berharap banget bisa jadi juara 1.
Sayangnya dengan poin 171, kelas aku masih belum bisa jadi juara 1. Akhirnya kita hanya dapat posisi juara 3 aja. Tapi aku bangga banget dengan persiapan dekorasi yang ehem, kita masih bisa bersaing sama kelas X-D yang tema artnya keren banget dan kelas X-F yang dekornya gila-gilaan. Dan sekarang aku bener-bener bisa bilang "EXPOは楽しかったです!"

Hari ini, Selasa 4 April, ada pelajaran kimia a.k.a pelajaran wali kelas aku. Aku pikir at least dia bakal ngucapin selamat, taunya? SAMA SEKALI GA! Dia malah bilang kalau ide kita itu terlalu simple dan bahkan anak SD pun bisa bikin kaya gitu. Gila lah! Kok bisa sih ada wali kelas yang kaya gitu? Aku ga ngerti kenapa dia bisa jadi wali kelas--bahkan guru!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar