17/08/13

68 Tahun Indonesia



Hari ini adalah tanggal 17 yang ke-68 buat Indonesia setelah kemerdekaannya. Sedangkan aku sendiri baru ngerasain perayaan kemerdekaan Indonesia 17 kali setelah aku dilahirin. Yah, mungkin yang aku inget cuma 14 atau 12 hahaha...
Kalau ngebahas soal kemerdekaan, hal yang pasti bakal kita inget tuh tentang penjajahan yang udah terjadi di Indonesia sejak lama bahkan berabad-abad. Well, setelah belajar sejarahnya, sebenernya ga berabad-abad juga sih... Orang rata-rata salah kaprah. Ngutip kata-kata guru sejarahku, "Kalau ada orang bilang Indonesia itu dijajah 3 hampir abad, itu salah. Tapi kalau ada orang bilang pulau Jawa itu dijajah hampir 3 abad, itu baru benar." Karena emang sebenernya yang pertama paling dikuasai tuh pulau Jawa. Ga percaya? Coba deh tanya-tanya sama Mbah Google.
Lagi pula kalau dipkir-pikir salah satu hal penyebab lamanya bangsa Indonesia dijajah karena tingkat kesadarannya yang kurang. Bangsa Indonesia pada saat itu kurang "ngeh" kalau mereka sedang dijajah, jadi ya bangsa penjajahnya makin nyaman menjajah dan pada akhirnya penjajahannya terus berlangsung sampai kurun waktu yang lama. Entah karena ini atau memang dari dulu, yang pasti hasilnya sampai sekarang (disadari atau tanpa disadari) sebagian besar bangsa Indonesia punya hal yang disebut "mental terjajah." Oke, aku gamau bahas banyak soal "mental terjajah" yang pasti kalau ngeh soal ini pasti sedih banget deh.

Meskipun aku masih belum bisa berbuat banyak buat Indonesia, semoga hal-hal yang udah aku lakuin (termasuk waktu trip ke Jepang) itu udah bisa membuat citra baik bagi Indonesia di mata bangsa lain.
Aku cuma bisa berharap setelah 68 tahun merdeka, Indonesia bisa jadi lebih baik. Siapapun yang memegang pemerintahannya, semoga Indonesia bisa jadi negara yang lebih baik, utamanya sih lebih jujur ya.
Amiiiiiin......

Btw tadi terharu banget loh waktu ada salah satu temenku yang orang Jepang (tapi ayahnya kerja di Indonesia) terus dia nyapa aku di L*NE pake bahasa Indonesia. Meskipun ga semuanya (terutama penulisannya) bener tapi aku seneng banget. Terus dia bilang dia lagi minta diajarin bahasa Indonesia sama ayahnya. Jadi inget waktu pertama kali ketemu dia, dia jug nyapanya pake bahasa Indonesia, "Selamat siang," gitu.

Aku cinta Indonesia


Tidak ada komentar:

Posting Komentar